Sunday, June 01, 2008

Pengiritan....

Menyambung postingan saya tentang harga yang trus melambung, kemaren liat acara di TV yang membahas penghematan keuangan kita. Tau kan harga barang trus naik, penghasilan tetep segitu aja. Teorinya cukup baik, Saat ini kita harus membagi penghasilan menjadi 3 bagian.
Yang pertama Kewajiban, kedua kebutuhan, ketiga Keinginan.

Pengeluaran untuk Kewajiban itu adalah pengeluaran yang harus / wajib dilunasi kalo tidak akan langsung berakibat kepada kita, seperti tagihan listrik, telepon, air, uang sekolah dan lain-lain. Pengeluaran untuk Kebutuhan itu seperti bahan makanan, ongkos, bensin.
Baru setelah kedua hal itu terpenuhi, baru kita mikir keinginan, pengeluaran seperti Jalan-jalan berlibur, nonton film, makan-makan diluar .. dan keinginan kita yang buanyak. Satu tips lagi buat wanita termasuk diriku ini jangan banyak cuci mata dulu ke pusat-pusat perbelanjaan. Karena biasa perempuan itu dari rumah rencana beli apa sampai tujuan malah beli apa. Ada tips lagi buat yang bekerja, ada lagi nich pembahasan masalah mengirit pengeluaran untuk ongkos ke kantor dengan cara nebeng teman, jadi hal ini udah lama berjalan di kota besar seperti Jakarta dan Bandung. Bahkan udah ada situsnya buat yang ingin jadi penebeng atau ditebengin. Hal ini selain mengurangi kendaraan yang membuat jalan macet, juga mengirit ongkos. Boleh juga kan tipsnya.

3 comments:

Anonymous said...

hehehehe tips untuk berangkat kekantornya boleh juga tuh :D

Anonymous said...

hmm bermanfaat

Mata Telinga said...

sama juga nih, aku juga lagipenghematan. tapi kapan ya aku bisa hemat buat rokokku ? padahal aku juga udah ngurangin rokok (rokoknya teman) tapi kok pengeluaranku gak kurang kurang juga, hehehehe.....