Monday, March 31, 2008

Botol Plastik


Banyak yang masih menggunakan botol bekas mineral untuk pemakaian / kegunaan lain, begitu juga wadah makanan yang terbuat dari sterofoam. Karena sayang untuk langsung dibuang. Karena masih bisa dipergunakan, seperti mengisi ulang dengan air untuk didinginkan kembali dikulkas, bahkan anak-anak banyak yang mengisi ulang untuk dibawa sebagai bekal ke sekolah. Pengalaman ini juga terjadi padaku dan keluarga. Kemudian setelah membaca hal ini disebuah majalah, kami mengganti dengan botol yang terbuat dari kaca. Mengapa?

Ternyata pembuatan plastic ini tidak dimaksudkan untuk pemakaian berulang. Bahan utama plastik adalah suatu rantai polimer yang berbahaya jika melepaskan anak rantai monomer, hal ini bisa terjadi saat botol dicuci akibat goresan dan terkena panas. Monomer bersifat karsinogenik (semoga ngak salah) yang dapat menyebabkan kanker. Huah.. serem kan jadi disarankan jika ingin menggunakannya jangan lebih dari dua kali.

5 comments:

Anonymous said...

he he saya termasuk yang suka pake botol plastik tuh, makasih nih infonya....

Rizki Eka Putra said...

Waduh... saya termasuk juga berprilaku seperti itu, memakai botol plastik berulang-ulang. Terimakasih infonya ya mbak! sangay bermanfaat!

editya said...

wah makasih infonya mbak tentang botol plastik nya

Anonymous said...

I wish not acquiesce in on it. I over warm-hearted post. Specially the designation attracted me to read the whole story.

Anonymous said...

Nice brief and this post helped me alot in my college assignement. Gratefulness you seeking your information.