Thursday, March 27, 2008

Cara jitu usir nyamuk


Pernah digigit nyamuk? He..he pasti semuanya pernah ya, rasanya gemes bener pas ketauan badan dah bentol-bentol sedangkan sang nyamuk berhasil lolos. Perasaan puas bener jika bisa pukul nyamuk en kena tepat sasaran.

Saat ini banyak produk pembrantas penghisap darah ini, tapi rata-rata mempunyai dampak yang sedikit banyak mempengaruhi kesehatan. Karena mengandung racun. Seurem juga yach. Tenyata ada juga loh tanaman yang bisa mengusir nyamuk… ne dia ni :

Geranium

Daunnya hijau berbentuk jangkar, tepi daun bergerigi. Biasa daunnya diambil dan diletakan dilemari ntuk mengusir ngengat. Biasa ditanam diluar ruangan (Outdoor), dengan mengoyangkan daunnya atau saat terkena angin yang bertiup, aromanya akan keluar. Bau yang dimiliki geranium inilah yang dapat mengusir nyamuk namanya zat citronella.

Zodia

Ini daun yang paling hebat mengusir nyamuk. Daya proteksinya ampe 70% dan bertahan selama 6 jam-an, paling enak buat yang senang camping. Tanaman ini berasal dari Papua. Dengan aromanya yang khas akan keluar bila digosokan atau tertiup angin. Kabarnya bukan nyamuk aja yang bisa KO, tapi jika ni tanaman berada diruangan yang punya sedikit sirkulasi, dengan aromanya kita-kita juga bisa mabuk.

Sereh Wangi

Si bumbu masak ni ternyata punya khasiat buat ngusir nyamuk. Terperanjat.. sama. Ada cara tradisional dengan sereh buat usir nyamuk. Ambil 1 kg daun en batangnya, lalu cuci dan tiriskan sampai kering. Masukan dalam blender lalu haluskan, kemudian hasilnya dicampur dalam 250 ml air.. biarkan semalam. Saring dan masukkan kedalam botol. Bantu dengan aquades tuk mengencerkannya. Lau silakan cari dimana nyamuk bersemayam, then semprot duech.

Lavender

Aku suka bunga ini, bunga yang kecil mungil dan punya warna yang khas, ungu. Indah kan. Khas aromanya akan keluar bila digosokan. Nah aroma inilah yang juga bisa mengusir nyamuk.

5 comments:

editya said...

Ada satu bunga yg lupa,namanya bunga baygon,caranya ngusir nymk ckp mudah bunganya cukup dibkar,he3

Anonymous said...

ada yang klupaan juga bunga yang laen

Bu Ngadiso..

Ngusir nyamuk pake sapu lidi..

tapi kemarin abis di marahin suaminya karena mukul nyamuk pake sapu lidi...padahal Bu Ngadiso kan mau ngisr nyamuk yang ngigit hidung suaminya....yaaa kasihan emang bungadiso...mau nulung malah .....

soer ( adi ) said...

konon, perilaku kita yang semakin jauh dari Alam menurunkan kemampuan otak kita dan juga daya tahan, karena dah banyak dikotori oleh bahan kimia. Salut buat adeq!!! yuk galakan yang dari alam. Karena saya gak punya tanemannya di kirim donk...jadi saya juga bisa kembali ke alam. he he he

Anonymous said...

menarik tuh... kalau bunga-bunga yang udah disebutkan tadi, radiusnya berpa meter nih???

Elsa said...

ada lagi!! terobosan terbaru, SpringBed Anti Nyamuk. beberapa merek sudah mengeluarkan produk ini, misalnya American SpringBed, Central SpringBed, dll. bahan fabric untuk spring bednya dibuat dari bahan alami, yang mengandung tumbuhan yang terbukti mampu mengusir nyamuk. jadi, kalo kita tidur pake spring bed itu, dijamin gak bakal digigit/ dihinggapi nyamuk lagi. begitu...
kok jadi promosi gini ya??