Thursday, July 24, 2008

Matikan TV anda

Beberapa hari ini gencar diberitakan untuk mematikan TV rumah. Apa yang terjadi? Begitu kira-kira ya… pertanyaan yg muncul. sebagaimana kita ketahui benda yang berbentuk kotak ini sudah menjadi kebutuhan. Banyak hal yang kita dapat dari TV baik dari segi positif maupun negative. Agenda “matikan TV anda” di suarakan untuk menjauhkan segi negatif televisi untuk anak-anak kita. Karena saya diyakini sebagian besar waktu yang dihabiskan anak-anak adalah di depan TV. Bahkan kartun juga bisa berdampak negatif pada anak-anak. Apalagi sinetron, liat aja penuh dengan kekerasan. Herannya terkadang si anak menonton sinetron karena ibunya yang kecanduan sinetron.

Aku merasa hal ini sangat baik buat orang tua, salah satu dampak terburuk ketika aku melihat berita adanya seorang anak berusia 10 tahun yang baru menonton film gantung diri, melakukan hal serupa tanpa diketahui orangtuanya. Ceritanya begini, setelah malamnya menonton film itu, usai sekolah ia dan kedua adiknya bermain di kamar yang berada di tingkat 2, sang ibu sibuk dibawah. Anak ini mengajak adiknya untuk bermain -“mati-matian” dengan mengikatkan tali ke lehernya. Adiknya menjerit-jerit melihat kakaknya mulai mengejang dan berteriak memanggil sang ibu. Terlambat ketika ibunya tiba di tempat anaknya telah tiada.

Untuk kartun aku juga punya pengalaman sendiri dengan keponakanku yang sukkkaaa sekali ama kartun Tom en Jerry. Si tom ama Jerry kan ngak pernah akur selalu berantem dengan segala cara. Dan hebatnya keduanya ngak pernah mati walo jatuh dari gedung tinggi. Nah keponakanku juga ngerasa begitu jadi suka menyakiti binatang, ketemu kucing ya dibikin kayak si Tom. Mungkin dia kira ngak bakalan mati seperti di kartun. Jadi saran terbaik sich dampingi anak waktu menonton televisi adalah hal yang tepat.

8 comments:

Mike.... said...

yah..kalo aq waktu masi kecil juga suka nonton tanpa didampingi gmn dong, deq...
yah produk gedenya ya seperti aq karang ini..he..he..
tapi bener juga sih,efek pilem itu kadang2 ga mendidik buat anak2..serbasalah deh..

Anonymous said...

wah kok sama sich q juga sering nonton tom and jerry lucunya gak abiz2 huahuahua....

simobiles said...

emank parah ya sekarang, televisi adalah media yang sangat berpengaruh bagi generasi muda, tua, anak dan nini2 yang kelasnya ga aku sebutin jangan marah

Anonymous said...

Setujuu... Turn off YOUR TV,...

Bukan apa-apa nih.. saya teh kasian sama anak2 sekarang.. Tontonan sudah jauh lebih "maju". Kepala mereka sudah terpaksa diisi banyak hal yang belum bisa mereka terima.

Ya mbak ya.. :) hi..hi..

Anonymous said...

bener tuh dampingi anak menonton TV, but yang mendampingi harus mengerti juga mana yang patut ditonton dan mana yang enggak. tayangan TV skrg selain "aneh", "konyol" juga "horor"

Unknown said...

@ Mike :
Kayaknya tontonan waktu kamu kecil ngak separah sekarang mike..skrg anak2 ngak dikasi tontonan yang berguna, tp lebih mengedepankan bisnis.

@ Iksan :
Pantes kamu suka iseng

@ mobiles :
Setujuhhh...

@ Firdaus :
Makanya anak sekarang "kepinteran"

@ Else :
Setuju juga...

Anonymous said...

betul itu, krn anak kecil cenderung suka meniru, jadi waspadai anak kecil yg suka ntn acara sinetron penuh kekerasan!

Anonymous said...

Waspadalah....waspadalah...